irwan-panarobost Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan(mario teguh)

Rabu, 29 Juni 2011

Robot Line Tracer

Robot Line Tracer merupakan robot sederhana yang bertujuan untuk menyusuri jejak (garis) secara otomatis, dimana jejak atau garis tersebut berupa garis yang dibentuk antara warna hitam dan dan putih. Namun walaupun demikian robot ini dapat dikatakan robot yang cukup lumayan cerdas karena Robot Line Tracer ini mampu melakukan penyusuran garis dengan sendirinya. Sebenarnya prinsip dari Line Tracer adalah sangat sederhana sekali dimana kinerja dari robot ini ditentukan oleh piranti elektroniknya yang terdiri dari sensor dan driver. Sensor pada Robot Line Tracer ini tersusun dari empat buah komparator (pembanding tegangan), dimana empat buah komparator ini nantinya dibagi dalam dua bagian yaitu dua buah komparator untuk melakukan sensor pada bagian kanan dari garis serta dua buah komparator lainnya pada bagian kirinya. Dua bagian tadi diibaratkan sebagai mata daripada robot agar tetap berada pada garis perbatasan hitam dan putih.
Komparator-komparator ini sebenarnya adalah op-amp yang berfungsi sebagai detektor tegangan (pembanding tegangan). Detektor ini menggunakan IC Linier LM324 dimana isi dari chip IC ini terdapat empat buah op-amp dimana tiap komponen ini bekerja dengan sendiri-sendiri (tidak terpengaruh antara satu dan lainnya). Sedangkan pada drivernya digunakan transistor biasa (berdaya rendah) untuk menggerakkan motor DC 3 Volt yang tidak memerlukan konsumsi arus terlalu besar. Transistornya sendiri digunakan tipe C-90XX yang terkenal kehandalannya pada jangkauan daya rendah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar