irwan-panarobost Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan(mario teguh)

Selasa, 06 April 2010

TUJUH JENIS APLIKASI YANG WAJIB ADA DALAM SETIAP KOMPUTER

Dalam setiap komputer terkandung Sistem Operasi (OS) yang mempunyai aplikasi – aplikasi kecil yang memang sudah bawaan saat Sistem Operasi tersebut di-install. Misalkan di Microsoft Windows seperti Notepad, PaintBrush, Character Map dan lain sebagainya. Dan biasanya hanya mempunyai fungsi dan fasilitas yang cukup sederhana. Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih optimal dan khusus, kita membutuhkan program – program yang lebih expert daripada yang sudah ada. Seperti PhotoShop, Microsoft Word dan lain – lain.

Jenis Aplikasi – aplikasi ini, hanya diperuntukkan bari mereka yang lebih suka dunia dekstop, alias hanya menggunakan komputer sebagai kebutuhan rumahan saja layaknya mengetik tugas laporan, sebagai sekretaris pribadi dan lain – lain serta bukan sebagai spesialisasi untuk server, penerbitan, video editing atau pun yang lainnya. Dengan begini, kita menjadi tahu akan kebutuhuan aplikasi. Semakin banyak dan khusus kita membutuhkan, maka semakin besar kocek saku kita yang harus dikeluarkan.

Meskipun begitu tidak usah bingung, pergunakanlah sistem operasi Open Source, seperti linux. Anda tidak perlu keluar biaya untuk tambahan suatu aplikasi, sebab sekali install, aplikasi – aplikasi dekstop bisa langsung Anda dapatkan. Menarik bukan ;-) .

Meskipun kita ingin memperbanyak aplikasi dalam komputer kita, kita juga harus mempertimbangkan apakah semua aplikasi tersebut digunakan. Jikalau ada yang jarang dipakai, lebih baik dihapus atau di-uninstall saja daripada memakan space harddisk. Dengan begini kerja kita didepan layar komputer menjadi leluasa.

Berikut jenis aplikasi yang harus ada antara lain :

Aplikasi Perkantoran Atau Office. Aplikasi ini digunakan sebagai sarana pengolahan data kerja seperti mempersiapkan presentasi, membuat surat-menyurat dan lain sebagainya. Misalnya : Microsoft Office, Koffice, OpenOffice dan lain sebagainya. Biasanya aplikasi ini berukuran cukup besar, sekitar 200 – 400 MB.

Aplikasi Pengolah Gambar. Digunakan untuk manipulasi gambar atau foto dan untuk melihat gambar.Misalnya : Adobe Photoshop, Macromedia FireWorks, ACDSee, Irvan View, Corel Draw, The Gimp, Kuickshow dan seterusnya. Ukuran aplikasi ini cukup beragam, mulai dari 500Kb sampai dengan 500MB.

Aplikasi Multimedia. Dipakai untuk menikmati Audio dan Video. Misalnya : WinAmp, Kjofol, XingMPEG, PowerDVD sampai dengan Windows Media Player. Sedangkan untuk besarnya byte, paling tidak berkisar antara 5 dan 30 MB.

Aplikasi Kompresi File. Dimanfaatkan untuk memadatkan atau memampatkan file, baik banyak ataupun tunggal, agar menjadi file yang berukuran kecil. Biasanya dalam bentuk ZIP atau RAR. Misalnya : WinZIP, WinRAR. Terkadang aplikasi ini otomatis sudah terinstall, misalnya di sistem perasi Windows XP. Tapi bila belum ada, siapkan saja space kurang lebih 5MB.

Aplikasi Dictionary atau Kamus. Digunakan untuk penerjemah bahasa dari bahasa Indonesia ke bahasa lain, atau sebailknya. Misalnya : TransTool, Universal Translator. Ukurannya beragam dari 15 MB sampai dengan 300MB.

Aplikasi Organizer. Digunakan sebagai “sekretaris pribadi” dalam mengatur aktivitas dan kesibukan sehari – hari. Misal : Rainleander, RedBox Organizer. Ukurannya cukup kecil, antara MB dan 10 MB.

Aplikasi Anti Virus. Dipakai sebagai perisai komputer dari berbagai bentuk serangan virus komputer. Misal : PCCillin, McAfee, NAV. Paling tidak memekan sissa harddisk sebesar 50MB.

Walaupun sudah semua aplikasi – aplikasi sudah di-install, seyogyanya kita selalu meng-update segala kebutuhan dari aplikasi. Seperti patch untuk meng-update security suatu program sampai dengan virus pattern sebagai bentuk update dari AntiVirus. Kita bisa memperoleh informasinya melalui internet atau informasi dari vendor software secara langsung.

Dan masih ada pertimbangan lain, apakah versi aplikasi yang ingin kita pakai harus versi baru ?. tentu saja tidak, sebab kita bisa menggunakan versi – versi lama jika fungsi yang kita pakai sudah cukup dan kata “tidak keren” cukup kita hiraukan saja. Yang terpenting kita bisa menggunakan secar optimal. Masih banyak kok jaman sekarang yang menggunakan Ms Windows 98 dengan aplikasi – aplikasi kuno seperti halnya Ms. Office 4.3, Corel 8, PhotoShop 7.0 dan banyak lagi. Buat apa kita menaikkan versinya, jika kita sudah mapan dengan yang ada. Apalagi bila versi kita naikkan, tentu akan memberikan pemikiran lain. Misal kebutuhan akan hardware harus di-tuneup, harus belajar lagi dan masalah lain yang menjadikan pengurasan tenaga buat diri kita sendiri. Semoga dapat memberikan gambaran kepada diri kita tentang pentingnya suatu aplikasi yang kita pergunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar